Relokasi PLIK ~ Berita PLIK

Relokasi PLIK ~ Berita PLIK.

RELOKASI PLIK
Berdasarkan surat edaran dari BP3TI S-1824/KOMINFO/BPPPTI.31.4/PW.02.08/11/2013 (surat bisa dilihat disini) tentang tindak lanjut Hasil Pemeriksaan BPK khususnya point b tentang PLIK yang tidak optimal pelayanannya agar segera direlokasi, maka tim maintenance PLIK Paket 5 DIY Jateng selalu memonitor setiap mitra PLIK agar selalu bisa beroperasi dan memenuhi tujuan program PLIK.
Relokasi atau pemindahan lokasi dan atau kemitraan dijalankan sesuai dengan prosedur dimana sebelum diadakan relokasi,tim akan memberikan waktu sebelum PLIK benar-benar direlokasi.
Indikator tentang apakah PLIK itu beroperasi dengan baik atau tidak antara lain :
1. Memenuhi SLA (Service level agreement) PLIK yaitu beroperasi minimal 8 jam per hari
    SLA ini bisa dipantau dari kantor tim maintenance, contoh :
Dari ketiga grafik SLA harian diatas bisa dilihat, mitra PLIK yang bisa masuk kategori memenuhi SLA 8 jam per hari, jika tidak masuk, maka tim akan melihat kendala-kendala yang ada,apakah dari koneksi internetnya atau perangkat keras PLIK, dari kelistrikan dan lain-lain, jika memang PLIK tidak bisa beroperasi dengan optimal, maka akan segera dilakukan relokasi.
2. Apakah PLIK bisa diakses oleh masyarakat umum atau tidak
3. Apakah mitra PLIK bisa bekerjasama dengan tim maintenance atau tidak. Indikator ini bisa dilihat apakah mitra selalu berkoordinasi atau tidak dengan tim maintenance jika ada kendala dalam pengoperasian perangkat PLIK.
4. Apakah mitra PLIK merawat perangkat PLIK atau tidak. Perawatan PLIK disini adalah perawatan kebersihan dan keamanan perangkat PLIK, karena di beberapa PLIK,kerusakan perangkat lebih disebabkan karena kurang terawatnya perangkat PLIK, sebagai contoh banyak sekali debu-debu di PC server maupun klien atau kondisi ruangan PLIK yang lembab sehingga perangkat PLIK lembab dan berjamur. Contoh gambar perangkat PLIK yang kurang terawat :





Ada seekor tikus didalam wallmount rack
di PLIK Brati Grobogan , tikusnya mau ngapain ya disitu ? hehe

Server yang penuh debu dari beberapa PLIK
5. Apakah perangkat PLIK yang ada dilokasi lengkap atau tidak. Cukup sering terjadi tindak pencurian di lokasi PLIK, tetapi jika itu terjadi, dengan bukti dari pihak kepolisan bahwa telah terjadi tindak pencurian,maka akan diganti oleh tim maintenance sesuai dengan prosedur, tetapi jika ada perangkat PLIK yang tidak lengkap karena disalahgunakan oleh mitra PLIK, seperti dipinjamkan ke pihak lain,atau dijual,maka akan dipertimbangkan untuk di relokasi.
Jika semua ada beberapa indikator yang ditemukan dan telah sesuai dengan prosedur relokasi, maka tim akan segera melakukan relokasi PLIK,karena jika tidak segera beroperasi, maka PT.SIMS sebagai operator PLIK Paket 5 DIY Jateng akan terkena denda (baca disinitentang denda).
Semoga informasi ini bermanfaat dan kedepannya PLIK semakin bermanfaat.
Salam
:: mameng
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: